Aneka Pupuk Alami Untuk Tanaman Kita

Rabu, 18 Juli 2012

Memelihara tanaman adalah salah satu cara mewujudkan rumah yang nyaman. Memelihara tanaman di rumah minimalis dengan lahan yang terbatas, umumnya dilakukan dengan cara ditanam dalam pot.

Kemuning

Tanaman sangat membutuhkan nutrisi untuk dapat tumbuh dengan baik. Pemberian pupuk sangat diperlukan karena tanaman tidak dapat mencari makanan sendiri, terutama tanaman dalam pot.

Apabila nutrisi pada tanah yang ada di pot tersebut habis, maka tanaman tidak akan dapat tumbuh dan berbunga dengan baik. Olah karena itu tanaman perlu diberi nutrisi tambahan yaitu pupuk. Namun banyak orang memilih untuk tidak memupuk tanaman peliharaannya karena berbagai macam hal (pupuk mahal, ribet, dsb). Berikut ini saya akan berikan beberapa tips untuk mengganti pupuk dengan bahan lainnya.

Vetsin / Mitcin / Penyedap Rasa
Vetsin terbukti dapat membuat tanaman menjadi lebih subur. Saya sendiri pernah mencobanya pada tanaman kemuning saya. Dan hasilnya tanaman tersebut terlihat lebih subur hanya dalam beberapa minggu. Caranya mudah, taburkan vetsin ke akar tanaman kemudian siram dengan air. Atau anda bisa mencampurkannya dengan air terlebih dahulu kemudian disiramkan ke akar tanaman.
Kulit telur
Setelah anda memasak telur sebaiknya kulit-kulitnya jangan dibuang dulu. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman adalah Kalsium dalam jumlah besar. Nutrisi tersebut dapat ditemukan pada kulit telur. Caranya mudah, tumbuk telur dan arang sampai halus kemudian taburkan ke akar tanaman dan kemudian siram dengan air. Atau anda juga bisa menggunakan air sisa rebusan telur untuk menyiram tanaman. Tapi ingat, tunggu airnya dingin dulu baru disiramkan
Abu bakaran (kayu)
Abu bakaran memiliki nutrisi yang diperlukan oleh tanaman. Abu bakaran memiliki kandungan kation K (Kalium), Ca (Kalsium), Mg (Magnesium), Si (Silika). Oleh karena itu sering kita lihat tanah yang digunakan oleh penjual bunga terkadang dicampur dengan abu bakaran.
Kulit Bawang
Air sisa rendaman kulit bawang selama semalam dapat menyuburkan tanaman. Menurut penelitian bawang memiliki kandungan Kalsium, Fosfor dan Besi. Unsur-unsur tersebut merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman.
Ampas Teh
Jangan buang sisa celupan teh anda, karena ampas teh ini dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman. Rendamlah ampas teh kedalam air kemudian keesokan harinya siramkan pada tanaman anda.
Kulit Pisang
Kulit pisang juga memiliki kandungan Kalsium yang cukup tinggi yang dibutuhkan oleh tanaman. Haluskan kulit pisang hingga halus kemudian larutkan dalam air dan siramkan pada tanaman.
Agar-agar
Agar-agar dapat menyuburkan tanaman. Cara pemberiannya adalah dengan mencampurkan 1 sampai 2 sendok makan agar-agar bubuk kedalam segelas air panas. Setelah agar-agar larut, campur larutan agar-agar ini ke dalam 3 gelas air. Setelah larutan diaduk rata, siramkan ke akar tanaman anda.
Sisa Obat-Obatan (puyer / tablet)
Tumbuk sisa obat-obatan yang tidak terpakai /kadaluarsa dan kemudian larutkan kedalam air dan siramkan ke akar tanaman. Cara ini terbukti efektif menyuburkan tanaman. Mungkin hal ini dipengaruhi oleh kandungan unsur kimia yang ada di dalam obat-obatan terutama obat-obatan yang mengandung elemen tertentu seperti Kalsium.

Ternyata menyuburkan tanaman itu mudah bukan? Selamat berkebun dan mari ciptakan suasana hijau yang alami

Semoga artikel Aneka Pupuk Alami Untuk Tanaman Kita ini, bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung di Media Kliping Kita

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pahami Dan Patuhi Netiket Jika Komentar Anda Ingin Di Tampilkan
Understand And Adhere Netiquette, If Your Comment Want In Show