Denah Pengembangan Rumah Type 22/60 Karya Ali Kusmayana

Minggu, 08 Juli 2012

Dengan lahan yang terbatas, memiliki rumah di Perumahan BTN type 22/60 tentu harus pintar memanfaatan ruang dengan optimal, dan harus memperhatikan juga sirkulasi udara dan cahaya agar rumah tidak berkesan sumpek dan gelap.

Berikut ini denah hasil karya dari Ali Kusmayana, ST. (http://mejagambar.wordpress.com) mungkin bisa menjadi pertimbangan dalam mewujudkan rumah impian kita.

Fasilitas
  1. Ruang Tidur utama
  2. Ruang tidur anak (2 buah)
  3. Kamar mandi/ WC (2 buah)
  4. Ruang Tamu
  5. Ruang Keluarga
  6. Ruang Makan
  7. Dapur
  8. Ruang cuci & Jemur
  9. Carport
Lantai Bawah
Lantai Atas
Atap

Agar bisa digunakan sebagai carport, teras depan dipindahkan ke sebelah kiri, ruang tidur saya jadikan ruang tamu. Lalu ruang serbaguna dijadikan ruang tidur utama. Posisi kamar mandi tidak berubah, hanya posisi pintunya yang saya pindah ke belakang. Ruang makan menjadi satu kesatuan dengan dapur. Di samping, masih disisakan ruang terbuka (taman) untuk sirkulasi udara dan sumber cahaya alami.

Di lantai atas, dua buah kamar tidur anak berada berdampingan di bagian depan, sementara di bagian belakang terdapat ruang keluarga yang cukup besar. Di atas taman ada void untuk sirkulasi udara dan cahaya. Kamar mandi berada sama posisinya dengan yang ada di bawah. Lalu tangga ada di bagian belakang, sehingga tidak menyita ruang. Untuk ruang cuci dan jemur diletakan di lantai 3 (atap) yang dapat dicapai dari sebuah tangga putar.

Model bangunan dibuat sesimpel mungkin agar tidak terlalu mencolok dari bangunan di sekitarnya. Agar tidak berkesan datar, beberapa bagian dipasang batu temple, sementara untuk jendela kamar di lantai atas di beri teralis agar cahaya matahari tidak terlalu membuat silau.

Untuk yang ingin lebih mendetail silahkan berhubungan perancangnya di

note: klik gambar untuk memperbesar

Semoga artikel Denah Pengembangan Rumah Type 22/60 Karya Ali Kusmayana ini, bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung di Media Kliping Kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pahami Dan Patuhi Netiket Jika Komentar Anda Ingin Di Tampilkan
Understand And Adhere Netiquette, If Your Comment Want In Show