Penyebab Rasa Capek Setelah Bangun Tidur Dan Tips Bangun Tidur Segar

Minggu, 15 Juli 2012

Pagi hari adalah awal dari aktivitas normal seluruh makhluk hidup, tentunya bukan untuk yang berada dalam kondisi khusus

Bangun tidur dan merasa tubuh kembali segar adalah cara terbaik untuk memulai hari agar dapat menjalani aktivitas dengan semangat. Namun, kadang saat bangun tubuh malah terasa sangat lelah.

Dengan mengenal penyebab rasa capek saat bangun tidur, maka akan ditemukan solusi untuk mengatasi permasalahan itu, berikut ini beberapa penyebab rasa capek setelah bangun tidur yang dilansir oleh viva life.

Kualitas tidur yang buruk
Waktu tidur Anda semalaman penuh tidak berarti sama sekali, apabila kualitas tidur rendah. Kualitas tidur yang buruk dapat disebabkan oleh banyak faktor. Antara lain alas tidur yang tidak menopang tubuh dengan baik, temaram lampu, hingga makanan serta minuman yang Anda konsumsi.
Konsumsi obat-obatan
Efek yang ditimbulkan oleh obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan kepala pening yang bertahan hingga pagi hari juga berujung pada gangguan tidur. Periksakan ke dokter untuk mempertimbangkan mengurangi dosis atau mengganti obat.
Kondisi kesehatan
Kondisi kesehatan tertentu seperti sleep apnea dapat mengganggu istirahat malam hari Anda. Depresi juga bisa membuat energi Anda terkuras, bahkan saat tidur. Hal tersebut yang menyebabkan Anda merasa lelah atau tidak segar saat bangun dari tidur.
Jam tidur tidak teratur
Jika Anda memiliki jam tidur yang tidak teratur, tubuh kemungkinan besar akan bangun dengan sendirinya di jam-jam tertentu. Coba untuk mengatur jam tidur Anda dan tidak mengubah ubahnya. Anda dijamin akan merasakan perbedaan saat bangun tidur.

Selain mengenali penyebab rasa capek saat bangun tidur tersebut, maka lakukan kegiatan berikut ini untuk membuat anda bangun pagi dengan segar, dan hilang rasa kantuknya.

Memijat telinga

Anda sudah terbangun tapi masih malas membuka mata dan beranjak dari tempat tidur? Dengan mata terpejam, gosok daun telinga Anda. Bagian ibu jari di menggosok bagian belakang telinga ke arah atas dan bawah. Lakukan 20 kali.

Kegiatan ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan menghilangkan kantuk

Meletakkan tangan di kepala

Letakkan telapak tangan kanan Anda di dahi lalu letakkan telapak tangan kiri di atasnya. Ganti posisi telapak tangan. Lakukan 20 kali.

Manfaat dari aktivitas ini adalah untuk melemaskan otot-otot tegang di sekitar kepala dan menghilangkan pegal di kepala

Memijat kelopak mata

Pijat kelopak mata dan area di sekitar alis dengan ujung jempol. Lakukan 15-20 kali.

hal ini sangat bermanfaat untuk Merilekskan saraf-saraf di sekitar mata dan menghilangkan rasa ngantuk yang membuat mata berat.

Memijat perut

Letakkan telapak tangan di perut. Usap-usap seluruh bagian perut hingga terasa hangat.

Manfaatnya adalah

  • Memperlancar peredaran darah di sekitar perut.
  • Membantu proses membuang gas di perut.
  • Melemaskan otot-otot perut.
Permainan perut

Setelah diusap-usap, lakukan permainan perut. Tepuk-tepuk perut Anda. Kemudian lakukan gerakan menggambar di perut. Tarik napas, lalu kembang kempiskan perut Anda.

Manfaat yang didapat dari aktivitas ini adalah: Menguatkan otot perut dan baik untuk melatih kekuatan organ-organ hati, ginjal dan dan sistem pencernaan.

Demikian ikhtiar yang bisa kita biasakan setiap pagi agar kita siap menjalani hari-hari yang penuh aktivitas dengan penuh semangat

Semoga artikel Penyebab Rasa Capek Setelah Bangun Tidur Dan Tips Bangun Tidur Segar ini, bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung di Media Kliping Kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pahami Dan Patuhi Netiket Jika Komentar Anda Ingin Di Tampilkan
Understand And Adhere Netiquette, If Your Comment Want In Show