Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja Dengan Komputer

Sabtu, 16 Maret 2013

Seharian bekerja di depan komputer pasti melelahkan, bukan hanya terasa di badan tetapi juga mata. Untung ada strategi jitu untuk menjaga mata tetap segar sepanjang hari. Terapkan saja aturan berkedip serba 20 penangkal mata lelah.

Anjuran untuk menerapkan aturan serba 20 ini disampaikan oleh Dr Edward Mendelson, seorang peneliti dari University of Texas. Saran itu ditujukan pada orang-orang yang setuap hari menghabiskan waktunya selama 3 jam atau lebih di depan komputer. "Tiap 20 menit, pengguna komputer harus berhenti selama 20 detik dan melihat objek lain sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter)," kata Dr Mendelson yang menyebut tips ini sebagai 'strategi 20-20-20-20' seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (14/3/2013).

Strategi yang juga banyak disarankan oleh para dokter mata ini terbukti ampuh menangkan Computer Vision Syndrome (CVS), yakni gangguan penglihatan yang banyak dialami para karyawan di kantor maupun pecandu video game. Gejala paling umum adalah mata pedih karena kelelahan. Bukan hanya terasa di mata, gejala CVS juga bisa terasa di bagian tubuh yang lain.

Orang-orang yang mengeluhkan leher pegal, sakit kepala serta nyeri persendian juga bisa menandakan seseorang mulai mengalami CVS. Lama- kelamaan, orang tersebut juga harus menggunakan kacamata.

"Dan berkediplah dengan baik sebanyak 20 kali (selama istirahat 20 detik tersebut). Berkedip adalah cara alami untuk menjaga mata tetap lembab, dan kedipan itu sendiri sangat membantu pelumasan maupun penyegaran mata," lanjut Dr Mendelson.

Meski dialami juga oleh para pecandu video games, CVS makin banyak dialami pekerja kantoran. Penyebabnya antara lain suasana kantor yang semakin nyaman dan memanjakan para pekerja untuk duduk berlama-lama di meja kerjanya. Dampak lainnya adalah kegemukan karena kurang olahraga.


Semoga artikel Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja Dengan Komputer ini, bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung di Media Kliping Kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pahami Dan Patuhi Netiket Jika Komentar Anda Ingin Di Tampilkan
Understand And Adhere Netiquette, If Your Comment Want In Show